Quantcast Rumah Bunda Riri <title>Topeng Monyet Yang Menghilang

Rabu, 06 Agustus 2008

Topeng Monyet Yang Menghilang


Tadi siang anakku tiba-tiba berlari sambil menjerit. “Bunda..bunda.. ada topeng monyet…panggil dong bun…” katanya merengek. Memang sih sudah hampir 10 bulan lalu ketika ia terakhir menonton topeng monyet. Ya sudahlah daripada nanti menangis.. :c

aku panggil si abank. “ Berapa bang?” Tanyaku.. “Cuma 25rb aja bu.” Kata si abang. “ Oh…ya sudah..” aku menyetujuinya.

Mau nawar enggak enak..kasihan. mengingat Betapa jauh dia berjalan sambil membawa peralatan shownya itu, belum lagi kalau tidak ada yang memanggil. Lihat wajahnya dan pakaiannya yang berdebu.. saya pikir dia sudah cukup jauh berjalan.

Anakku kemudian memanggil adeknya dan beberapa anak tetangga. Maka mulailah show si abang…. Tek..dung..tek.dung…suara gendangnya nyaring berbunyi. Atraksi si monyet pintar mulai.



Monyet Jualan Ikan….Monyet Naek Motor…Bertarung dengan Ular

Tidak terasa sudah 20 menit dan pertunjukan selesai. Anak-anak berwajah ceria sambil tertawa cekikikan. Anakku sibuk menceritakan kembali pertunjukan tadi kepada teman-temannya. :)

Hmm …dulu saya juga seperti mereka setelah menonton topeng monyet. Tapi sepertinya dulu banyak sekali abang topeng monyet, seminggu bisa sekali. Kok sekarang kelihatannya sudah jarang ya? Knapa? Apa mungkin anak-anak sekarang lebih suka hiburan di depan tv, maen PS, atau jalan-jalan ke mall? Jadi karena yang nonton semakin sedikit, semakin sedikit si abang topeng monyet?

Yah..semoga aja 5-10 tahun kedepan masih ada topeng monyet ini untuk cucu-cucu kita, daripada nanti mereka melihat topeng monyet yang sudah jadi program maenan lewat PS? Nah Loh? :y


Agustus 08

Cheers
Bunda

17 komentar:

Aqie-Gaul mengatakan...

Nggak usah takut kehilangan Topeng Monyet, Bunda Rie, selama lapangan pekerjaan masih susah mendapatkannya di Negara tercinta ini ! malah Aki pernah liat di salah satu stasiun TV swasta ada abang tukang topeng monyet, anak SMP karena dia butuh biaya untuk sekolah ! Salam ....

Rierie mengatakan...

iya..ki, takutnya nanti topeng monyet cuma ada di film dokumenter..he..he..

Kang Boim mengatakan...

wah masih ada topeng monyet ya sekarang...kirain udh punah :D :D...harus diliestarikan duh...sapa tau beberapa puluh tahun kede[an ni topeng monyet bisa jd bentuk kesenian asli indonesia

Kang Boim mengatakan...

wah masih ada topeng monyet ya sekarang...kirain udh punah :D :D...harus diliestarikan duh...sapa tau beberapa puluh tahun kede[an ni topeng monyet bisa jd bentuk kesenian asli indonesia

Rierie mengatakan...

ha..ha.. kang boim bisa aza.. kalaupun punah, mungkin monyetnya takut yang nonton banyak dan pake topeng semua...

e-Izzy mengatakan...

kalo di tempatku si abangnya juga ikut joget..

Rierie mengatakan...

asal enggak joget gergaji yach mas izzy...he.he

bani risset mengatakan...

Wah bun, kemarin waktu aku main ke bandung. Topeng monyet nya beraksi di bawah lampu merah.

Inovatif dan kereenn...

PS? Huuuhhh pembodohan..

Kristina Dian Safitry mengatakan...

aku jadi inget masa keci,he..he...btw, makasih dah dilink.saya bawa pulang bannernya ya?

koko mengatakan...

tenang aja sampai 10 bahkan 20 taon lagi pasti topeng monyet itu masih ada

Rierie mengatakan...

loch kalo maen dibawah lampu merah yang nonton siapa? pak polisi yach :) ..( maaf bunda blon pernah liat soalnya....)

Ronny Arya mengatakan...

Wah.. mahal ya. Di tempat saya (Jogja) topeng monyet cuma Rp 5.000,-

Rierie mengatakan...

@ronny:
Maklum monyetnya naek kapal terbang kesini, jadi ada biaya transport, airport tax dll...( ngaco)

firman ramdhani mengatakan...

topeng monyet sekarnag maenya di tengah jalan raya.. kacau yah,, ganggu banget,, tp kyknya di jakarta doang tuh..
www.firman-ramdhani.blogspot.com

Rierie mengatakan...

@firman:
Ayo..topeng monyet pada ke kalimantan, disini masih jarang loch...

brigadista mengatakan...

iya benar bunda,.. di tempat brigadista juga kaya gitu lhoo...!

dhie mengatakan...

Hiburan jadul dan sudah langka di jaman teknologi canggih yang menghasilkan PS dkk, internet. Beruntungnya Laras masih tertarik dengan hiburan jadul itu, jadi pengalaman Laras lebih dibanding yang lain.